Coretan BoWo Coretan BoWo Coretan BoWo: Tool Scanner Port Berbasis Windows

Wednesday, November 16, 2011

Tool Scanner Port Berbasis Windows

1.  Scanner Berbasis Windows
Beberapa port scanner berbasis Windows yang cukup baik kecepatan, akurasi, dan fitur-fitur yang tersedia antara lain seperti dibawah ini.

Ô NetScan Tools Pro 2000
NetScan Tools Pro 2000 (NSTP2K) menyediakan segala macam utilitas dalam satu paket: DNS query mencakup nslookup dan dig dengan axfr, whois, ping sweeps, Net-BIOS name table scan, SNMP walks, dan banyak lagi. Lebih jauh lagi NSTP2K mempunyai kemampuan multitasking. Serta dapat menjalankan port scan terhadap suatu sistem dan menjalankan ping sweep pada sistem yang lain. NetScan Tools Pro 2000 menyertakan port scanner versi Windows terbaik yang ada sekarang, yaitu pada tab Port Probe. 

Kehebatan Port Pro mencakup flexible target dan spesifikasi port (IP sasaran maupun daftar port dapat diimpor dari file teks), mendukung scan TCP maupun UDP (tapi tidak selektif per port), dan multithreaded speed. Di sisi negatifnya, output yang dihasilkan Port Pro bersifat grafis sehingga sulit dibaca oleh script ataupun tool pemilah-milah data. Sayangnya juga, output dari suatu fungsi (misalnya NetScanner) tidak dapat secara otomatis dijadikan input oleh fungsi lain (misalnya Port Probe).

Ô SuperSCAN
SuperScan dapat diperoleh di (www.foundstone.com/rdlabs/) termofuse.php ? filename = superscan.exe. SuperScan adalah port scanner TCP yang juga cepat dan dapat diandalkan pada harga yang jauh lebih baik (gratis!). Seperti juga NSTP2K, SupeScan memungkinkan spesifikasi fleksibel dari IP-IP sasaran dan daftar port. Opsi Extract From File nyaman mudah digunakan dan cepat pula.

Ô WinScan
WinScan, karya Sean Mathias dari Prosolve (http://prosolve.com) adalah suatu TCP port scanner yang tersedia baik dalam format grafis (winscan.exe) maupun command line (scan.exe). Versi command line-nya mampu men-scan network Class-C dan output-nya mudah dibaca.

Ô IpEye
Packet scan eksotis hanya nmap di Linux? Tidak juga. IpEye karya Arne Voidstrom (http://ntsecurity.nu)  dapat menjalankan source port scanning, selain SYN, FIN, dan Xmas scan dari command line Windows. Satu-satunya keterbatasan ipEye adalah hanya berjalan pada Windows 2000 dan setiap kali hanya dapat men-scan satu host.
Banyak router dan firewall dikonfigurasikan agar memungkinkan protokol seperti DNS (UDP 53), FTP data channel (TCP 20), SMTP (TCP 25), dan HTTP (TCP 80) masuk melalui filter, source port scanning dapat menyerang kontrolkontrol ini dengan jalan menyamar sebagai lalu-lintas komunikasi inbound ini. Untuk itu, anda harus mengetahui ruang alamat yang ada di balik firewall atau router, yang sulit bila melibatkan NAT (NetBIOS Auditing Tool).

Ô WUPS
Windows UDP Port Scanner (WUPS) berasal dari pengarang yang sama dengan ipEye (Arne Vidstorm). Suatu UDP scanner grafis yang mudah digunakan dan cepat (tergantung pada delay setting-nya), walaupun hanya dapat men-scan satu host setiap kali. Suatu tool yang baik untuk UDP scan cara cepat.

2. Windows Ping Tools
Ô Pinger (www.nmrc.org/files/snt/)
Pinger dari Rhino9 ini adalah pinger tercepat yang ada untuk Windows dan merupakan freeware! Seperti juga fping, Pinger mengirimkan benyak paket ICMP ECHO secara bersamaan dan menunggu responnya. Selain itu, Pinger dapat melacak host name dan menyimpannya pada suatu file

Ô Ping Sweep (www.solarwinds.net)
Ping Sweep dapat sangat cepat sebab kita dapat menentukan delay time antara paket-paket yang dikirimkan. Dengan menetapkan delay time sebagai 0 atau 1, suatu hostname dari network kelas C dapat diperoleh dalam waktu kurang dari 7 detik. Hati-hati dengan tool ini sebab bisa-bisa membuat macet link yang lambat seperti ISDN 128K atau Frame Relay link.

Ô WS_Ping ProPack (www.ipswitch.com) dan NetScanTools (www.nwpsw.com)
Kedua utilitas ping sweep ini memadai untuk melakukan ping sweep terhadap network kecil, namun keduanya lebih lambat dibandingkan dengan Pinger atau Ping Sweep.
tanda tangan

Ditulis Oleh : Coretan BoWo ~ Berbagi ilmu

Christian angkouw Terimakasih telah membaca artikel tentang : Tool Scanner Port Berbasis Windows . Semoga dapat memberikan hal yang positif bagi anda.

:: Coretan BoWo ::

Note :
~ Berikanlah komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.
~ Dilarang mencantumkan link yang berbau negatif.