Coretan BoWo Coretan BoWo Coretan BoWo: Beberapa Kode Unik Pada Blogger

Tuesday, June 12, 2012

Beberapa Kode Unik Pada Blogger

Sebelum membahas lebih lanjut, tentang apa itu kode <bi:if cond= tentunya kita harus mengenal terlebih dahulu fungsi dari kode <bi:if cond= tersebut. Baiklah saya akan menjelaskan apa itu kode <bi:if cond= yang berada pada blogger. Kode <bi:if cond= merupakan sebuah kode atau widget yang muncul lalu menghilang atau menghilang atau awalnya  menghilang kemudian muncul pada suatu halaman atau postingan blog. dan ciri-cirinya adalah seperti teamlate yang bergaya Magazine Style. Dari sedikit pengertian atau penjelasan tersebut, semoga tutorial dalam artikel kali ini semoga dapat membantu anda, Mengapa? karena hampir semua template menggunakan kode ini.
Salah satu ciri teamlate Gaya Magazine Style adalah dengan adanya widget yang muncul lalu menghilang atau awalnya menghilang kemudian muncul pada suatu halaman atau postingan blog, Hal itu disebabkan karena ada ko <bi:if cond=. Kode ini berfungsi seperti halnya yang yang terdapat di Kotak Komentar dan Fungsi Read More.
Baiklah anda berikut ini ada sebuah kode-kode yang berada pada HTML blog dan merupakan suatu jenis atau fungsi kode yang digunakan untuk mengatur tampilan content blog dari muncul lalu menghilang dan menghilang kemudian muncul kembali dan kode tersebut bisa anda terapkan untuk pengaturan pada blog anda.

1. Hanya pada Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog hanya pada halaman utama blog saja   akan menghilang ketika anda mengklik Label Post atau membaca postingan secara keseluruhan.

2. Kategori Post dan Single Post
<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog pada kategori post dan single post (membaca postingan secara keseluruhan).

3. Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'> . . . </b:if>
ode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog pada main post atau hanya pada halaman utama saja, jika anda mengklik sebuah postingan (membaca keseluruhan) maka widget ini akan hilang.

4. Single Post atau halaman isi artikel
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan widget blog hanya pada single post saja atau ketika anda membaca postingan secara keseluruhan dan tidak akan muncul pada main post atau kategori post.

5. Halaman Utama Blog
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> . . . </b:if>
Fungsi kode ini sama dengan fungsi kode pada nomer 3.

6. Menampilkan Widget Blog Pada Postingan Tertentu Saja
<b:if cond='data:blog.url == &quot;URL Post Tertentu&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini berfungsi untuk menampilkan suatu widget blog hanya pada suatu postingan tertentu atau pada artikel tertentu saja.

7. Menyembunyikan Widget Blog Pada Postingan Tertentu Saja
<b:if cond='data:blog.url != &quot;URL Post Tertentu&quot;'> . . . </b:if>
Kode ini merupakan kebalikan dari kode no 6 dimana widget blog akan menghilang dari suatu postingan tertentu dan baru muncul pada postingan yang lain.
tanda tangan

Ditulis Oleh : Coretan BoWo ~ Berbagi ilmu

Christian angkouw Terimakasih telah membaca artikel tentang : Beberapa Kode Unik Pada Blogger . Semoga dapat memberikan hal yang positif bagi anda.

:: Coretan BoWo ::

4 komentar

Sebelumnya trimkasih krna sdah mgunjugi blog sya.
O iya sya gak tau ni mau ngmong apa, intinya articles anda keren2 dan satu lagi semoga sukses ya.
happy blogging!

By : Oto Website

Kode diatas itu adalah kode HTML yang mengkondisikan suatu template blog sobat.. baik didalamnya head, body, dan footer. Nice post

wah pokoke tutorialnya mantebss sob..

happy blogging, follback sukses #19, salam kenal

menarik bgt sob infonya..
jadi makin terasah lagi sob pengetahuan ane..
terimakasih..

Note :
~ Berikanlah komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.
~ Dilarang mencantumkan link yang berbau negatif.