Coretan BoWo Coretan BoWo Coretan BoWo: Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Thursday, March 14, 2013

Penyebab Komputer Menjadi Lambat

Komputer lambat, sering hang, tiba-tiba restart, tiba-tiba mati, dan sebagainya memang sangat meresahkan ketika kita sedang megoperasikan sebuah komputer untuk beraktivitas. Terkadang kita tidak mengetahui apa penyebabnya dan cenderung membiarkannya begitu saja. Daripada kita membiarkannya dan hal tersebut dapat mengganggu kinerja anda, lebih baik anda memperlajari penyebab terjadinnya komputer menjadi lambat dalam kinerjannya. Dan berdasarkan pengalaman, kenapa kinerja komputer menjadi lambah, disesabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.
1. Terlalu banyak program atau software yang terinstal di komputer anda.
Banyaknya program yang terinstal pada komputer, merupakan salah satu penyebab menurunkan kinerja komputer anda. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya kapasitas penyimpanan pada komputer untuk berbagai macam program yang telah anda instal di komputer anda.

2. Adanya virus, spyware, dan malware pada komputer anda.
Ketika komputer kita terserang oleh virus atau malware atau spyware, hal tersebut akan membawa dampak yang buruk pada sistem pertahanan windows anda. Jika Anda biarkan virus tersebut, virus akan menyebar di sistem operasi anda.

3. Sistem file ada yang hilang atau corrupt.
File ada yang hilang atau Corrupt ini biasanya sering terjadi ketika komputer anda sudah terjangkit  virus yang sudah menyebar ke sistem operasi anda. Hilangnya file ini dikarenakan ketika anda membersihkan virus (scan) drive yang ada di komputer anda dengan antivirus, file yang terdetect virus secara tidak sengaja akan terhapus oleh antivirus tersebut.

4. Kapasitas RAM (Random Access Memory) kurang.
Kapasitas RAM pada umumnya sangat mempengaruhi cepat lambatnya suatu komputer, karena RAM merupakan media penyimpanan utama pada saat komputer sedang aktif. Ketika program yang anda instal di komputer melebihi kapasitas RAM maka bisa dipsatikan komputer anda akan mengalami penurunan performa atau lambat.

5. Hardisk.
Hardisk yang merupakan media penyimpanan setelah RAM sangat berpengaruh akan kinerja komputer Anda. Ketika hardisk anda mengalami low space, error, terfragmentasi, dan sebagainya akan membuat performa komputer anda menurun.

6. Komponen yang terdapat dalam CPU mengalami Overheat.
Keadaan ini sering terjadi apabila anda jarang mengecek dan membersihkan hardware anda yang meliputi Hardisk, VGA Card, Prosesor, Power Supply, dan lain-lain. Penyebab lambatnya komputer juga bisa terjadi karena debu atau kotoran yang menempel pada komponen anda, sehingga mengakibatkan hardware Anda overheat.

7. Security program terlalu banyak.
Program antivirus, firewall, dan lain-lain merupakan salah satu security program, memang komputer sangat memerlukan program seperti ini. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadari untuk mengisntal program antivirus dan firewall lebih dari 2 atau 3 program. Hal ini akan menyebabkan respon yang lambat pada sistem pertahanan komputer anda karena program antivirus dan firewall ini akan berjalan secara bersamaan.
tanda tangan

Ditulis Oleh : Coretan BoWo ~ Berbagi ilmu

Christian angkouw Terimakasih telah membaca artikel tentang : Penyebab Komputer Menjadi Lambat . Semoga dapat memberikan hal yang positif bagi anda.

:: Coretan BoWo ::

Note :
~ Berikanlah komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.
~ Dilarang mencantumkan link yang berbau negatif.