Coretan BoWo Coretan BoWo Coretan BoWo: 5 Hal Untuk Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

Thursday, March 20, 2014

5 Hal Untuk Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada orang yang tergolong ramah dan supel, ada yang bawaannya memang pendiam dan pemalu, bahkan ada pula orang yang memiliki karakter cenderung menyebalkan.
Mereka yang tergolong ramah dan supel biasanya dianggap lebih menyenangkan dan banyak disukai orang. Lingkungan pun biasanya akan lebih mudah menerima orang-orang dengan karakter seperti itu. Namun, apakah hanya orang-orang yang bawaannya ramah dan supel saja yang berkesempatan menjadi pribadi yang menyenangkan dalam pergaulan? Tidak juga. Karena seperti apapun karakter yang di miliki seseorang, ia akan tetap mampu menjadi pribadi yang menyenangkan, sepanjang ia mau berusaha.

Sebenarnya, kriteria untuk bisa disebut sebagai “pribadi yang menyenangkan” itu sangatlah luas, dan penilaiannya mungkin saja berbeda-beda untuk setiap orang. Namun, ada lima hal utama yang seharusnya dimiliki bila Anda ingin menjadi pribadi yang menyenangkan dalam pergaulan. Apa saja?

1. Berpikiran positif
Orang-orang yang berpikiran positif adalah orang-orang yang sangat menyenangkan. Orang-orang seperti itu memiliki energi positif yang tentunya juga akan ditularkannya ke lingkungan sekitarnya. Mereka yang selalu berpikiran positif akan senantiasa menghadirkan suasana dan aura yang positif ke lingkungannya meski dalam keadaan yang buruk sekalipun. Mereka secara tidak langsung bisa membangkitkan mood dan semangat positif ke orang-orang yang ada di sekitarnya.

Sebaliknya, mereka yang selalu berpikiran negatif adalah pribadi yang tergolong menyebalkan. Orang-orang yang selalu berpikiran negatif cenderung melemahkan dan memudarkan semangat orang-orang di sekitarnya. Coba bayangkan, siapa yang betah berada di sekitar orang yang sepanjang hari waktu, pikiran, dan perkataannya hanya dipenuhi dengan hal-hal yang negatif. Secara tidak langsung hal-hal negatif itu juga akan ikut tertular ke kita. Tentunya kita tidak mau seperti itu, ya kan?

Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi pribadi yang selalu berpikiran positif? Jawabannya adalah selalu mencoba. Tanamkanlah dalam diri untuk terbiasa melihat segala sesuatu hal dari sisi positifnya. Jangan terbawa nafsu untuk langsung berpikiran negatif tentang segala sesuatu. Memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin. Yang terpenting adalah selalu mencoba dan membiasakan diri untuk selalu seperti itu.

2. Mampu mengendalikan emosi
Dalam pergaulan, kepandaian mengendalikan emosi sangatlah diperlukan. Dalam keadaan seperti apapun, marah, sedih, kesal, kecewa, atau emosi-emosi lainnya, Anda harus mampu untuk mengendalikannya. Emosi-emosi yang sedang dirasakan akan keluar dan terpancar di wajah Anda yang sedang cemberut, muram, gelisah dan lain sebagainya. Jika sedang marah, tak perlu meledak-ledak meluapkan amarah Anda. Orang-orang di sekitar Anda yang tidak tahu apa-apa tentunya akan merasa sangat tidak nyaman. Marah, kesal, atau emosi lainnya tetap diperbolehkan, tapi harus dikendalikan agar tidak berlebihan.

Bila Anda sedang sendirian di kamar, boleh-boleh saja mengekspresikan emosi yang sedang Anda rasakan. Tapi, bila Anda sedang berada di kantor, di sebuah acara atau sedang berkumpul bersama teman dan keluarga, tentulah emosi-emosi yang sedang dirasakan itu perlu dikendalikan, karena bisa merusak suasana.

3. Asik ketika di ajak bicara
Orang yang enak diajak bicara itu adalah orang yang asyik. Mereka bisa dengan mudah membaur dalam lingkungan. Lalu, seperti apa sih orang yang enak diajak bicara itu? Tentunya bukan orang yang hanya ingin mendominasi percakapan, hanya ingin didengar (tanpa mau mendengar), dan bukan pula orang yang mengacuhkan lawan bicaranya. Jika Anda ingin menjadi orang yang menyenangkan, perluaslah wawasan Anda agar nantinya Anda bisa “nyambung” saat diajak bicara oleh orang lain. Dengarkan baik-baik saat seseorang sedang berbicara kepada Anda. Jangan memotong pembicaraannya. Setelah ia selesai berbicara, berikan komentar dan pendapat Anda tentang hal yang sedang dibicarakan. Hindari menggunakan kata-kata yang bernada merendahkan atau mengejek orang lain.

4. Mudah senyum
Jadilah orang yang murah tersenyum. Senyum tak hanya menyenangkan bagi orang yang melihatnya, tapi juga akan memberikan pengaruh yang positif pada suasana hati anda. Meski Anda bukan termasuk orang yang ramah yang mudah sekali menyapa setiap orang yang Anda temui, setidaknya jadilah orang yang mudah tersenyum.

5. Memiliki Sense of Humor
Siapa yang bisa menyangkal bahwa berada di dekat orang yang humoris itu sangatlah menyenangkan. Siapapun akan merasa betah berada di dekat orang yang memikiliki sensi of humor, karena setiap saat sepertinya selalu di warnai dengan tawa dan tawa. Jika memang anda merasa bukan termasuk orang yang humoris, setidaknya jadilah orang yang masih bisa di ajak bercanda. Candaan dapat menimbulkan suasana yang ceria dan mengembirakan. Candaan juga akan melahirkan tawa yang akan membuat anda dan orang-orang di sekitar anda merasa rileks dan sejenak terbebas dari beban pekerjaan yang padat. Sumber informasitips.com
tanda tangan

Ditulis Oleh : Coretan BoWo ~ Berbagi ilmu

Christian angkouw Terimakasih telah membaca artikel tentang : 5 Hal Untuk Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan . Semoga dapat memberikan hal yang positif bagi anda.

:: Coretan BoWo ::

Note :
~ Berikanlah komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.
~ Dilarang mencantumkan link yang berbau negatif.