Coretan BoWo Coretan BoWo Coretan BoWo: Si Nenek Yang Hidup Dengan Sebatang Kara

Sunday, April 27, 2014

Si Nenek Yang Hidup Dengan Sebatang Kara

Puluhan tahun sudah nenek tua itu tinggal di sebuah gubuk deritanya. Tak banyak kata yang keluar dari mulutnya. Upik, demikian nama lengkapnya. Usianya tak ada yang tahu. Tapi perkiraannya 120 tahun. Ia hidup sebatang kara, tanpa sanak saudara. 36 Tahun ia mendiami gubuk reyot beratap daun rumbia di Gang Wintak Martani, Jalan Raya Bengkayang–Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.“Saya lagi sakit,” tutur Upik dalam Bahasa Sunda
Nenek asal Ciamis, Jawa Barat, ini tidak fasih Bahasa Indonesia. Tidak juga bahasa daerah Kalimantan. Dia hanya menggunakan Bahasa Sunda untuk komunikasi sehari-hari, termasuk kepada orang sekitar yang menemuinya. Nenek Upik, begitu biasa disapa, hidup sendiri di gubuk berukuran 2x4 meter, tanpa satu pun sanak keluarga. Tidak juga tetangga. Gubuk yang terbuat dari kayu papan ini juga telah mulai rapuh, serapuh tubuh wanita ini.

Dia hanya bisa hidup dengan menggantungkan bantuan dari pemerintah setempat yang diterimanya Rp200 ribu setiap empat bulan sekali. “Saya hanya makan bubur, tanpa diberi obat,” katanya, lirih. Sesekali bicaranya terbata-bata. Saat ditemui, dia berbalut pakaian lusuh dan usang. Tubuh ringkihnya harus melawan hawa dingin dan panas. Dan, kain itu hanya melekat di bawah perut. Sedangkan tubuh bagian atas dibiarkan terbuka, tanpa sehelai kain sedikit pun. 

Terlihat jelas, tubuh nenek ini sudah membongkok. Jalannya pun merangkak. Sesekali tertatih-tatih menaiki dan menuruni anak tangga, pintu masuk rumah itu. Tidak banyak perkakas rumah yang ditemui di rumah pengap ini. Hanya beberapa alat dapur dan kayu bakar. Untuk tidur, hanya terdapat alas kain usang. Tidak ada penerangan listrik.  Dalam kesehariannya, ia ditemani dua ayam kampung pemberian tetangganya. Memberi makan dan mengurus ayam inilah aktivitasnya.
tanda tangan

Ditulis Oleh : Coretan BoWo ~ Berbagi ilmu

Christian angkouw Terimakasih telah membaca artikel tentang : Si Nenek Yang Hidup Dengan Sebatang Kara . Semoga dapat memberikan hal yang positif bagi anda.

:: Coretan BoWo ::

Note :
~ Berikanlah komentar dengan kata-kata yang baik dan sopan.
~ Dilarang mencantumkan link yang berbau negatif.